SPT Tahunan Status Kurang Bayar

Wajib Pajak (WP) yang melaporkan SPT akan menerima pemberitahuan status laporan SPT mereka. Status laporan SPT bisa saja lebih bayar, nihil ataupun kurang bayar. Bila statusnya lebih atau kurang bayar, maka ada beberapa tahapan menyelesaikan laporan tersebut. Jumlah lebih bayar merupakan jumlah kelebihan pajak yang diminta untuk dikembalikan. Namun bagaimana jika hasil akhir pengisian SPT Tahunan PPh berstatus Kurang Bayar?

Status kurang Bayar SPT Tahunan PPh disebabkan karena jumlah PPh yang telah dipotong pihak lain lebih kecil dari hasil hitung ulang PPh terutang yang dilakukan saat mengisi SPT Tahunan PPh. Kondisi tersebut sangat mungkin terjadi karena rumus untuk menghitung pemotongan PPh dan rumus untuk menghitung PPh terutang pada SPT Tahunan memang berbeda. Hal ini umumnya terjadi untuk penghasilan yang bersumber dari pekerjaan bebas. Namun jika penghasilan bersumber dari gaji pegawai tetap maka tidak ada perbedaan rumus saat melakukan pemotongan PPh dengan saat hitung ulang PPh terutang pada SPT Tahunan PPh.

Batas waktu pelaporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi paling lambat 3 bulan setelah batas akhir tahun pajak, yaitu hingga tanggal 31 Maret. Sedangkan batas waktu pelaporan SPT Tahunan PPh Badan paling lambat 4 bulan setelah akhir tahun pajak, yaitu tanggal 30 April. Bagi Wajib Pajak yang terlambat menyampaikan SPT, maka akan dikenakan sanksi berupa denda. Berikut denda yang harus dibayarkan bagi Wajib Pajak:

  1. Denda terlambat lapor SPT bagi Wajib Pajak Orang Pribadi sebesar Rp100.000
  2. Denda terlambat lapor SPT bagi Wajib Pajak Badan sebesar Rp1.000.000
  3. Sedangkan, Bunga terlambat bayar pajak sebesar 2% per bulan dari pajak yang belum dibayarkan. Bunga terlambat bayar pajak waktunya dihitung sejak tanggal jatuh tempo sampai dengan tanggal pembayaran pajak. Bagian dari bulan pajak dihitung 1 bulan penuh, yang artinya jika terlambat bayar pajak hanya 10 hari maka hitungan waktu tetap 1 bulan.

Pembayaran atas kekurangan pajak dapat melalui kantor cabang bank terdekat, kantor pos, atau melalui M-Banking. Setelah pembayaran berhasil, perhatikan kode NTPN yang akan diisi di SPT sebagai bukti pembayaran.

Kesimpulannya adalah jika SPT kurang bayar maka harus melunasi kekurangannya. Setelah melakukan pembayaran barulah SPT dapat dilaporkan. Namun, tidak perlu khawatir saat status SPT akan tetap tertera Kurang Bayar. Hal ini hanya status yang melekat pada SPT saja dan bukan berarti ada jumlah pajak yang masih belum dibayar. Status ini menjelaskan kondisi SPT bukan pada pembayaran pajaknya. Jadi saat pembayaran dan pelaporan sudah dilakukan maka kewajiban pajak kita sudah terselesaikan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, silahkan isi kolom komentar dibawah. Pertanyaan Anda akan dijawab Konsultan Pajak.

You May Also Like

About the Author: Friska Prisillia

48 Comments

    1. pph badan kurang bayar ini munculnya di SPT Tahunan saja sedangkan PPh 25 bulanan muncul dari perhitungan PPh terutang dikurangi kredit pajak yg ditulis pada SPT Tahunan dan akan dibayarkan tiap bulan sebagai cicilan PPh untuk tahun pajak yg sedang berjalan

  1. apakah benar jika pelaporan spt masa pph 21 berstatus kurang bayar karna adanya pegawai tetap yg kena pph 21? mohon lebih jelasnya seperti apa..

    1. betul, SPT PPh 21 pada intinya adalah laporan pajak bagi perusahaan terkait pembayaran penghasilan ke individu (misal pegawai) jadi jika ada pemotongan PPh atas pembayaran kepada individu maka SPT akan berstatus Kurang Bayar

  2. mohon izin bertanya jika kekurangan bayar ini kita sendiri yang membayarkan atau pihak perusahaan ya? dan jika kekurangan bayar melebihi gapok apakah bisa dipotongkan ke gaji kita di bulan berikutnya?

    1. Jika yg dimaksud adalah kurang bayar pada SPT Tahunan pribadi maka yg membayarkan ya diri sendiri. Tentang kaitan dengan pemotongan PPh atas gajo oleh perusahaan itu hal yg bebeda lg. Perusahaan itu akan melihat hanya sebatas penghasilan yg dibayarkan, sedangkan di sisi pribadi itu bs aja kita punya penghasilan dari banyak tempat (yg tau ya hanya kitanya sendiri)

  3. Ysh author.

    Mohon pencerah, pada tahun ini saya mendapatkan penerimaan lain selain gaji pokok yang telah diperhitungkan oleh perusahaan dimana saat ini sy bekerja. Penerimaan tsb antara lain:
    1. Pencairan Bpjs tht yang saya lakukan
    2. Honorarium mengajar di bbrp kegiatan

    Atas penerimaan penerimaan tsb, saya sudah mendapatkan netto penghasilan (bruto – dikurangi pajak) dan saya jg sudah mendapatkan bupot tidak final.

    Yang ingin saya pertanyakan pada saat melakukan SPT saya mengalami “kurang bayar”. Mohon pencerah apakah pajak pajak yang sudah dipotong sebelumnya dr lembaga lain, akan dikenakan pajak lagi pada saat pengisian SPT (kurang bayar ditanggung WP).

    Demikian atas bantuannya, saya ucapkan terima kasih.

    Salam

    1. jika memperoleh penghasilan dari beberapa sumber dan juga bukti potong dari beberapa sumber, memang saat semua dikalkulasikan pada SPT Tahunan pada umumnya hasilnya memang akan Kurang Bayar, ini karena pada SPT Tahunan dilakukan hitung ulang yg berisi akumulasi seluruh penghasilan dan hitung ulang juga PPh terutang dengan tarif progresif, di sisi lain pemotongan pada bukti potong PPh sifatnya tidak akumulasi seluruh penghasilan sehingga tarif pajak progresifnya akan berbeda, itulah yg menyebabkan SPT Tahunan menjadi Kurang Bayar, simplenya karena cara menghitungnya memang berbeda dengan di bukti potong

    1. Status Kurang Bayar SPT itu adalah hasil akhir dari pengisian SPT, sehingga yg pertama adalah cek dulu pengisian2nya, bisa jg disebabkan karena keliru isi atau penempatan angkanya blm sesuai

  4. SPT Tahunan.istilah kurang bayar
    Pertanyaan saya:
    Perusahaan kah atau si pekerja
    Yang membayarkan nominal dari kurang bayar tsb.tks

          1. Admin pajak mau tanya,kenapa ya wktu saya pelaporan ada keterangan kurang bayar tapi 1 rupiah. Mohon bantuannya

  5. Saya mau tanya, jika ada karyawan dipotong pph 21 tetapi karyawan tsb bekerja tidak se tahun. Pada saat perhitungan tahunan, bukti potong nihil. Yang jadi pertanyaan saya, 1721A1 saya nihil. Bagaimana dengan pph 21 saya yg sdh dipotong oleh perusahaan? Saya sudah tanya ke perusahaan kalau perusahaan tidak bisa kembalikan.
    Terima kasih atas penjelasannya.

  6. Halo, saya sudah membayar kekurangan bayar saya dan statusnya masih “kurang bayar”, apakah ada ciri atau tanda khusus yang menyatakan kalau saya sudah bebas dari kewajiban pelaporan dan aman dari denda?

    Terimakasih

    1. status kurang bayar SPT bukan berarti pembayarannya kurang, jika pembayaran belum dilakukan maka SPT tidak akan dapat disubmit, jadi secara prinsip jika sudah mengisi SPT dan membayar kurang bayarnya dengan benar maka sudah selesai melakukan kewajiban pajaknya

  7. Siang pak,
    Saya resign dari kantor pada bulan Juli 2020, pada SPT 2020, saya, masa perolehan penghasilan tertulis dari bulan 1 sd 7, 2020 setelah melakukan pelaporan SPT, hasilnya adalah kurang bayar, saya baru mulai bekerja ditempat baru pada bulan Jan 2021, utk status kurang bayar di kantor lama tersebut bagaimana perlakukannya pak, mohon pencerahan, terima kasih

  8. jika terjadi selisih perhitungan yang diakibatkan karena ketidaktahuan dalam penggunaan kurs BI dan kurs KMK, apakah tagihan selisih itu dapat diajukan pengurangan tagihan? dan langkah apa saja yang harus ditempuh perusahaan untuk menyelesaikan kasus tersebut? terimakasih

  9. jika sya telah melaporkan spt kurang bayar dan sudah saya bayarkan,tapi kemudian ada bukti potong susulan yg baru diterima, dan saya ingin melakukan pembetulan, hasilnya kurang bayarnya lebih besar dari spt pertama yg saya laporkan dan saya bayarkan, apakah saya harus melakukan pembetulan dan membayarkan sisanya, tapi saya bingung bagaimana agar saya hny membayar sisanya saja. apakah membuat ebilling baru dg jumlah sisa yg belum dibayar ?

  10. Sore pak, saya coba lapor spt tahunan pribadi dengan e filling, semua sudah saya masukan termasuk ntpn, tapi selalu gagal mendapatkan nomor verivikasi karena keluar pesan disuruh memasukkan nomor ntpn, padahal sudah.
    Lalu coba dengan e form waktu disubmit keluar pesan anda menggunakan versi lama, silahkan unduh versi terbaru, padahal baru download bulan peb 2022.
    Mohon solusinya. Terima kasih

  11. Slmt malam, saya sedang proses lapor pajak sampai dengan posisi pembayaran kurang bayar pada spt saya, pembayaran sudah di lakukan dan bukti sudah ada, namun saat klik verifikasi selalu muncul status kurang bayar dan tidak lengkap Mohon bantuan pencerahannya. Terima kasih.

  12. Selamat sore bpk/ibu , sy mau tanya kode map dan jenis pajak itu brp ya kalau mau setor kurang bayar tahun 2021, tks sebelumnya

  13. Halo Konsultan Pajak, mohon di bantu.
    SPT saya ada status kurang bayar, saya sudah melakukan pembayaran dan sdh mendapatkan NTPN dan sdh diisi dalam SPT, tetapi tetap saat akan kirim statusnya kurang bayar. kenapa demikian, apakah status akan tetap kurang bayar meskipun sdh bayar dan sdh input NTPN ?

  14. Selamat malam, apakah bila status pajak saya kurang bayar dan informasi batas pembayaran adalah tanggal 28 April, namun saya membayarnya di tanggal 10 April, apakah denda yang dikenakan adalah denda terlambat lapor SPT + bunga 2% dari nominal kurang bayar?
    terima kasih sebelumnya untuk informasinya.

  15. Selamat malam, apakah bila status pajak saya kurang bayar dan informasi batas pembayaran adalah tanggal 28 April, namun saya membayarnya di tanggal 10 April, apakah denda yang dikenakan adalah denda terlambat lapor SPT + bunga 2% dari nominal kurang bayar? terima kasih sebelumnya untuk informasinya.

  16. Selamat Siang,
    Ijin bertanya, saya adalah karyawan di sebuah PT, saya dipindah tugaskan ke cabang terkait kenaikan jabatan pada bulan Agustus 2021. Pada Akhir tahun saya menerima 2 SPT dengan Nomor NPWP pemotong berbeda namun PT tetap sama.
    di SPT tersebut nilai pajak sama2 0 (nol). Namun ketika saya mau laporan ternyata masih ada pajak kurang bayar. Apakah perhitungan sudah benar dan saya wajib bayar kekurangan tersebut. Setahu saya di slip per bulan sudah ada pemotongan terkait pajak.
    Dan jika perhitungannya salah, apa yang seharusnya saya lakukan

    Terimakasih

  17. Selamat Siang,
    Izin bertanya untuk kurang bayar atas pembetulan SPT Tahunan Badan dan pembetulan SPT PPN apakah biaya pajak kurang bayarnya bisa dibebankan/biayakan di laporan keuangan SPT Tahunan Badan?
    Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.