Lupa EFIN? Begini cara yang harus dilakukan

EFIN atau Electronic Filing Identification Number (EFIN) adalah nomor identifikasi elektronik yang diterbitkan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) bagi wajib pajak untuk melakukan pelaporan pajak secara online atau transaksi elektronik yang di antaranya adalah proses e-Filing melalui aplikasi pajak resmi yang telah disahkan DJP.

Saat jelang pelaporan pajak melalui e-Filling masalah yang paling sering terjadi adalah lupa kata sandi DJP Online. Namun untuk mengubah atau membuat ulang kata sandi tersebut harus menggunakan EFIN. Lalu bagaimana jika EFIN juga lupa? Bagimana cara mencari EFIN? Jangan panik! Ada beberapa cara untuk mendapatkan EFIN kembali.

Terdapat 2 (dua) saluran baru untuk tanya lupa EFIN, yaitu memalui Chat Pajak dan Twitter. Cara pertama dengan membuka website www.pajak.go.id, dibagian pojok kanan bawah website klik “chat pajak” untuk chatting-an dengan agen dan menanyakan EFIN Anda. Cara kedua yakni melalui twitter dengan mention @kring_pajak. Jika Anda menggunakan salah satu dari cara ini, maka Anda harus menyiapkan beberapa data untuk konfirmasi sebagai berikut:

  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • Nama Lengkap
  • Alamat terdaftar pada saat registrasi EFIN
  • Alamat email atau nomor ponsel terdaftar pada saat registrasi EFIN
  • Tahun pajak SPT terakhir (misalnya SPT terakhir yang dilaporkan adalah SPT tahun pajak 2016 yang disampaikan pada Maret 2017, maka jawabannya adalah 2016)

Cara lain untuk mendapatkan EFIN kembali yakni dengan melakukan telepon ke Kring Pajak 1500200, siapkan NPWP dan konfirmasi data diri.

Cara terakhir yang juga dapat dijadikan pilihan adalah datang ke KPP terdekat bagi WP Orang Pribadi dan KPP terdaftar bagi WP Badan atau Bendahara. Penuhi syarat Aktifasi EFIN sebagaimana diatur dalam PER-06/PJ/2018. Jadi jika EFIN hilang atau lupa tidak perlu panik! Jangan lupa lapor pajak!


Jika Anda memiliki pertanyaan, silahkan isi kolom komentar dibawah. Pertanyaan Anda akan dijawab Konsultan Pajak.

You May Also Like

About the Author: Friska Prisillia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *